Young Ecocreative Square 2019

“Kreativitas tak menunggu segala sesuatunya sempurna terlebih dulu. Yang dibutuhkan hanya satu, yaitu: kejujuran.”

Zaman sekarang ini banyak orang muda diberitakan mampu menghasilkan kreativitas dan aneka inovasi, yang seringkali di luar dugaan. Kreativitas dan inovasi yang dihasilkan generasi milenial itu, termasuk di dalam memadukan tujuan-tujuan ekonomi dan panggilan untuk melestarikan lingkungan hidup, menunjukkan bahwa mereka tidak kehabisan cara bagaimana persoalan aktual dikenali dan solusi khas ditemukan.

Yang unik dari orang-orang muda itu adalah kejujuran mereka dalam mengenal potensi diri yang direlasikan dengan situasi hidup bersama yang menyimpan aneka opportunity.

Ecocreative Square diadakan dengan latar belakang hadirnya orang-orang muda kreatif dan pembawa breakthrough, secara khusus yang bergerak di area penciptaan dan pengembangan usaha-usaha kecil dan menengah di level lokal, serta fenomena munculnya aneka gerakan yang lebih konkrit dalam rangka menciptakan sustainable development.

Kegiatan Ecocreative Square merupakan bagian dari kegiatan orang-orang muda di seputar Tambo Jentera Muda.
Tambo Jentera Muda (TJM) diartikan kumpulan kisah orang muda atau rekaman kisah-kisah gerakan orang muda yang sambung dengan suka-duka kehidupan bersama di tengah masyarakat dan menggerakkan kebaruan.

Acara Young Ecocreative Square (YES) berlangsung dari tanggal 29 November sampai dengan 1 Desember 2019 merupakan kerjasama antara Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Semarang (K3AS) dengan :

  1. Pengelola Green Entrepreneurship Training di Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma
  2. Melcosh Café dan Glamcamp
  3. Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Agung Semarang

Young Ecocreative Square menjadi ajang perjumpaan antar-entrepreneur muda yang mengembangkan aneka potensi perekonomian lokal ramah lingkungan di kawasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada arena perjumpaan entrepreneur muda tersebut diselenggarakan:

  1. Pameran Young Ecocreative Square
  2. Young Ecocreative Challenge
  3. Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Pengusaha Muda
  4. Seminar
  5. Workshop
  6. Talkshow
  7. Kegiatan Pendukung
  8. Kesenian dan Budaya Lintas Agama
  9. Lomba E-sport
  10. Fun Games

Acara dibuka oleh Vikaris Jenderal (Vikjen) Rama Yohanes Rasul Edy Purwanto Pr dan dihadiri oleh beberapa pejabat di kabupaten Sleman. Pada acara pembukaan menampilkan Hadroh Ponpes Al-Qodir dan FKT OMK Rayon Kulon Progo. Malam harinya acara ditutup dengan pertunjukkan musik oleh beberapa band dan sebagai puncaknya adalah PENDHOZA.

Pada hari kedua, di adakan seminar bisnis dan sebagai pembicara Prof. Dr. M. f. Sheliyana dan Ferry Yusuf, setelah itu dilanjutkan dengan Workshop YES antara lain, Melcosh Cafe dan Coffee Roastery dengan Kopinya, SLB Marganingsih menampilkan Kain Ecoprint dan SMK Pius X Magelang menampilkan Kulinernya.  Dihari yang kedua juga di selenggarakan Esport game (Mobile Legend), talkshow serta pertunjukan band.

Di hari yang ketiga di selenggarakan lomba mewarnai, lomba menghias tumpeng, Esport game (Mobile Legend) dan Young Ecocreative Challenge (Penghargaan kepada Entrepreneur Muda Katolik KAS)

Young Ecocreative Challenge (YES) tahun 2019 merupakan kali pertama di selenggarakan, dan akan di adakan setiap tahunnya, dengan adanya kegiatan ini diharapkan terbangunnya komunikasi yang semakin intensif di antara para entrepreneur muda, menguatnya kemampuan berjejaring di antara para entrepreneur muda Jateng – DIY yang semakin meluas, terciptanya kemitraan yang sinergis antara para entrepreneur muda dan aneka kalangan yang mendukung, serta tersebarnya semangat berwirausaha kreatif yang ramah lingkungan di kalangan yang lebih luas.

 

Galeri foto

YES 29 November 2019

YES 20 November 2019

YES 1 Desember 2019

 

Agustinus Suseno

Leave a Reply