Sosialisasi bahan panduan APP 2020 “Bertobat, Terlibat, dan Berbuah Berkat”

“Bertobatlah, Terlibat dan Berbuah Berkat”
“Martobat, Gumregah Menyat, lan Mawoh Berkat”

Masa Prapaska

Selama 40 hari masa prapaskah, umat beriman mempersiapkan diri untuk merayakan misteri Paskah dengan bertumbuh sebagai seorang beriman melalui syukur atas rahmat baptisan, atas rahmat belas kasih Allah, atas kesempatan membina pertobatan dan pertumbuhan hidup rohani dengan lebih tekun mendengarkan Sabda Allah, berdoa, dan matiraga. (bdk. SC 109-110)

Berpantang, berpuasa, bermati raga selama 40 hari untuk kembali membangun jiwa kita menjadi semakin pandai bersyukur akan berkat Tuhan, serta semakin gembira berbagi untuk sesama

Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam berAPP

  1. SEMANGAT BARU

– APP bukan sekedar pantang dan puasa sesuai tradisi gerej, tetapi kita sebagai anggota gereja diajak untuk membangun diri sendiri menjadi semakin peduli terhadap sesama dan membangun kesejahteraan kaum KLMTD.

– Pantang dan puasa bukan sekedar menahan nafsu makan dan menjalankan ritual perayaan Paskah, tetapi kita sungguh diajak untuk BERMATIRAGA dan BERBAGI.

  1. GERAKAN SELURUH ANGGOTA KELUARGA

APP bukan hanya aksi orang dewasa, tetapi anak-anak, remaja, orang muda dalam keluarga juga diajak bersama untuk bermati raga dan berbagi dengan upaya-upaya penyisihan uang saku, pengurangan uang jajan, penghematan pulsa, pengurangan kegiatan berjenis hiburan dan lain-lain.

  1. KEDISIPLINAN PERSEMBAHAN HARIAN

– Dana APP dipersembahkan secara harian dan Rabu Abu sampai Sabtu Suci sebagai salah satu wujud nyata kita bermati raga dan bukan dipersembahkan pada detik-detik terakhir menjelang Paskah.

  1. PENGHAYATAN AKAN TEMA APP 2019

-Kita patut bersyukur bahwa dengan tema-tema gerakan APP dari tahun ke tahun, aneka wujud pertobatan dan gerakan belarasa bersemi ditengah umat, terutama dalam memberi perhatian bagi mereka yang kurang mendapat perhatian di dalam Gereja dan di tengah masyarakat.  Dengan fokus pastoral Keuskupan Agung Semarang 2020, yakni “Umat Katolik yang Transformatif”, kita boleh berharap bahwa gerakan APP dapat menjadi salah satu sarana dan kesempatan yang berdaya ubah ditengah umat dan masyarakat.  Oleh karena itu, dipenghujung periode ARDAS KAS yang pertama ini, seluruh umat beriman Keuskupan Agung Semarang diajak untuk menghayati tema gerakan APP 2020: “Bertobat, Terlibat, dan Berbuah Berkat”

-Persembahan dana APP merupakan wujud nyata perbuatan kasih untuk sesama yang akan membuat iman kita semakin hidup dan sempurna.

Dinamika Pertemuan Mingguan

PERTEMUAN I
Pertobatan: Membuka Diri terhadap Belas Kasih Allah

Dalam pertemuan pertama, seluruh umat  diajak untuk mengingat kembali bahwa masa prapaska yang berlangsung selama 40 hari adalah kesempatan untuk membina pertobatan dengan semakin membuka diri terhadap rahmat belas kasih Allah. Allah lebih dulu mengasihi dan merengkuh kita, bahkan di saat kita sendiri menjauh dariNya. Dengan kesadaran ini, setiap pribadi maupun kelompok diajak memanfaatkan 40 hari masa tobat ini dengan bertumbuh dalam kebajikan dan keutamaan hidup kristiani.

PERTEMUAN II
Rahmat Tuhan Cukup Bagimu

Dalam pertemuan kedua, seluruh umat diajak untuk semakin peka mengenali rahmat Tuhan dan belajar bersyukur dan bersukacita sekalipun rahmat Tuhan dilimpahkan dalam pengalaman penderitaan, kesulitan, maupun dukacita. Rahmat Tuhan selalu mencukupkan

PERTEMUAN III
Terlibat Membangun Keluarga dan Komunitas yang Menyembuhkan dan Meneguhkan

Sebagaimana Tuhan menghendaki keselamatan bagi semua orang, setiap murid Kristus diutus untuk menghadirkan belas kasih Allah di manapun mereka berada. Dalam pertemuan ketiga ini, seluruh umat diajak untuk berani memulai sesuatu yang baik dan sederhana di tengah keluarga maupun komunitas hidupnya, agar di tengah keluarga maupun komunitas tersebut, setiap orang dapat menjadi tanda belas kasih Allah sendiri, penyembuh bagi yang sakit, penghibur bagi yang berkesusahan, penolong bagi yang membutuhkan, dan peneguh bagi mereka yang terjatuh.

PERTEMUAN IV
Diutus untuk Mencari dan Menyelamatkan

Dalam pertemuan keempat ini, umat diajak untuk menghayati semangat mencari dan menyelamatkan sebagai wujud perutusan sebagai murid-murid Kristus. Untuk mendukung karya amal kasih Gereja, umat diajak untuk mencari keluarga-keluarga yang sangat memerlukan perhatian dan bantuan. Melalui FGD, umat diajak untuk terlibat memberikan data yang kurang lebih akurat sedemikian hingga selanjutnya dapat digunakan dengan bijak dalam karya amal kasih Gereja.

PERTEMUAN V
Berdaya Ubah dan Berbuah Berkat

Dalam pertemuan terakhir, seluruh umat diajak duduk bersama, menggagas dan merancang gerakan bersama yang dapat dilakukan sebagai wujud konkret semangat belarasa, wujud menjadi berkat untuk siapa saja dan apa saja.

 

Download Sosialisasi Bahan APP 2020 PPT

Download Dana APP Nasional PPT

 

Leave a Reply