Renungan APP tanggal 3 April  2021

SABTU SUCI

 “Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakanNya. Mari lihatlah tempat Ia dibaringkan” (Mat 28:6)

Karya keselamatan Allah bagi semua orang dipenuhi melalui sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus Kristus Yesus telah mendahului kita di lorong kematian supaya Ia dapat menggapai tangan siapapun dari kita yang masuk ke lorong kematian itu untuk dituntunNya kembali menuju Sang Sumber Hidup, Allah Bapa. Dalam setiap jalan kita, dari lahir, hidup, bekerja, berproses dalam kematian hingga kematian itu, Tuhan Yesus terus mengawal, menemani dan menyertai kita, karena Dia telah memasuki lorong kematian itu dan masuk ke dunia orang mati.

Yesus yang turun ke tempat penantian juga menunjukkan bahwa Yesus hanya lewat, transit, dari kematian menuju kehidupan mulia bersama Bapa dalam Roh Kudus. Itulah kebangkitan. Kunjungan Yesus ke dunia orang mati adalah tindakan Tuhan Yesus yang mau menggandeng dan mengangkat orang-orang yang telah meninggal itu untuk pergi bersama Dia menuju kemuliaan abadi selama-lamanya bersama Allah di surga. Dengan demikian, Sabtu Paskah atau Sabtu Suci menjadi saat dan kesempatan sangat indah untuk bersyukur sebab semua orang yang telah lama meninggal dan mendambakan keselamatan telah mengalami pemenuhan, yakni diselamatkan Tuhan Yesus.  Maka marilah kita kenangkan kembali saudari-saudara kita dan siapa pun yang telah dipanggil Tuhan, agar dipersatukan dalam kematianNya dan dibawa sampai pada kesatuan kebangkitan Tuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *