PANDUAN ADVEN PIA PIR 2019 PERTEMUAN II “AYO TERLIBAT”

Direnungkan oleh Tim Pendamping :

  • Bagaimanakan (dulu) aku dapat terlibat dalam kegiatan pendampingan iman anak-anak, hingga seperti sekarang ini?
  • Apakah peranan khas yang menjadi bentuk keterlibatanku dalam kegiatan pendampingan iman anak-anak? (apakah aku hanya serba ikut-ikutan saja, atau adakah sumbangan keterlibatan yang khas dari diriku untuk pengembangan PIA?)
  • Buah-buah (“manfaat”) apakah yang aku peroleh dari keterlibatan menjadi tim pendamping iman anak-anak??

PRA KONDISI

Mengawali perjumpaan (tim) pendamping “menciptakan suasana/ kondisi” agar anak-anak dan juga (tim) pendamping semakin siap melaksanakan pendalaman adven. Misalnya dengan menyanyikan lagu-lagu yang sudah biasa/ akrab di telinga anak-anak atau dapat juga diajak menyanyikan lagu “Aku Bangga Jadi Anak Katolik” yanag sudah didalami pada pertemuan pertama.

Lagu: “Aku Bangga Jadi Anak Katolik ”

“AKU BANGGA JADI ANAK KATOLIK”

Aku bangga jadi anak Katolik
Penuh kasih, berdoa untuk teman
Penuh kasih, berderma untuk teman
Kurban, kesaksian akan kulakukan
Bangga, bangga jadi anak Katolik
Bangga, bangga jadi anak Katolik

PEMBUKAAN

Doa Pembuka
Salah seorang Tim Pendamping memimpin doa pembuka. Diawali dan diakhiri dengan Tanda Salib (dapat dinyanyikan). Diusahakan agar doa dapat ditirukan/ diikuti oleh semua peserta.

Pengantar
Hal-hal pokok dalam pengantar ini dikembangkan lebih lanjut oleh Tim Pendamping. Hal-hal pokok yang perlu disampaikan dalam pengantar:

  • Salam: Selamat pagi/ siang/ sore; Selamat Berjumpa; Berkah Dalem; Menanyakan kabar peserta (secukupnya)
  • Mengingatkan (secukupnya) tema dan pendalaman pertemuan adven pertama : “Aku Bangga jadi anak Katolik”
  • Menanyakan tugas perutusan untuk bertanya kepada orang tua mengenai kegiatan adven di lingkungan. Apabila dirasa memungkinkan tim pendamping memberi kesempatan dua atau tiga anak berbagi ceritera tentang tugas perutusannya.
  • Menanyakan tugas perutusan untuk bertanya kepada orang tua mengenai kegiatan adven di lingkungan. Apabila dirasa memungkinkan tim pendamping memberi kesempatan dua atau tiga anak berbagi ceritera tentang tugas perutusannya.
  • Pada masa adven, atau masa penantian kelahiran Tuhan Yesus ini, komitmen atau kesungguhan untuk terlibat, sekecil dan sesederhana apapun demi kebaikan bersama dapat pula menjadi tanda pertobatan bagi semua warga Gereja.

 

PENDALAMAN MATERI

Belajar Lagu: “Yok Terlibat”
Belajar Lagu bersama-sama, dipimpin oleh Tim Pendamping

Tim Pendamping melatih anak-anak, sampai hafal lagu “Yok Terlibat”. Akan sangat baik jika lagu ini dinyanyikan sambil diberi gerakan tubuh yang dikreasi oleh Tim Pendamping

Menempel Gambar “Keterlibatanku”

  • Aturan Permainan: Mencocokan gambar dengan kelompok keterlibatan

Silahkan diperbanyak dan dipotong sesuai kebutuhan. Dapat juga diperbesar terlebih dahulu jika memang dibutuhkan.

Contoh kertas untuk menempel, silahkan tim pendamping mempersiapkan yang lebih sesuai kebutuhan.

Contoh Keterlibatan
Di rumah

 

 

Di Sekolah

 

 

Di Gereja

 

 

Di Masyarakat

 

 

Input dan Sharing dari Tim Pendamping
Setelah kegiatan mencocokan gambar selesai, tim pendamping memberikan input/ masukan tentang bentuk-bentuk keterlibatan yang dapat dijalankan oleh anak-anak. Pendamping juga dapat membagikan pengalamannya (sharing) keterlibatan yang dialami. Beberapa pokok input bnerikut dapat dikembangkan lebih lanjut oleh tim pendamping:

  • Ada banyak bentuk keterlibatan yang dapat dijalankan oleh anak-anak. Misalnya membantu orang tua di rumah: merapikan tempat tidur, mencuci piring, menata buku-buku sehabis belajar dll. Keterlibatan di sekolah: mengikuti tugas piket, ikut menjadi petugas upacara bendera, dll.; Keterlibatan di Gereja: mengikuti tugas kor, mengikuti kegiatan di lingkungan, dll.; Keterlibatan dimasyarakat: menaruh sampah pada tempatnya, membantu kerja-bakti, menolong orang tua, dll.
  • Yang menjadi teladan dalam hal keterlibatan adalah Tuhan Yesus sendiri. Dia selalu terlibat untuk keselamatan manusia. Sejak masih belia Dia terlibat dalam keluarga St. Yusuf di Nasareth, ikut didikan bapa dan bunda-Nya; Dia terlibat dalam pendidikan sebagaimana tergambarkan dalam kisah Tuhan Yesus saat berusia 12 tahun bersoal-jawab dengan para ahli di Bait Allah; dan ketika semakin dewasa akhirnya Tuhan Yesus bukan hanya terlibat tetapi menjadi Pemimpin untuk mewartakan Kerajaan Allah dan membawa keselamatan bagi banyak orang.
  • Ada ungkapan yang menyatakan : “dengan terlibat iman kita akan menjadi semakin kuat” sebab “justru di dalam keterlibatan itu, iman kita diperkembangkan”. Maka marilah sejak masih anak-anak, kita ikut terlibat dalam berbagai kegiatan yang baik
  • Menyanyi lagu : Yok Terlibat”.

 

DOA

Penyalaan Lilin Adven

  • Tim Pendamping mengkondisikan semua masuk dalam suasana doa.
  • Lilin Adven kedua dinyalakan diiringi dengan lagu “Lilin Kita Sudah Menyala”
  • Bila ada kotak dana adven dapat diedarkan sambil upacara penyalaan lilin.

 

Pembacaan Kitab Suci: Roma 15: 4-9

  • Bacaan berikut diambil dari bahan adven yang dipergunakan untuk pendalaman bagi orang dewasa.
  • Apabila hendak diganti dengan bacaan yang sesuai dengan kalender liturgi minggu Adven II dipersilahkan. Jika diganti, mohon tim pendamping menyesuaikan bagian renungan setelah bacaan.
  • Tim Pendamping membacakan kutipan Surat Rasul Paulus kepada umat di Roma 15: 4 – 9. Anak-anak mendengarkan.

Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci. Semoga Allah, yang adalah sumber ketekunan dan penghiburan, mengaruniakan kerukunan kepada kamu, sesuai dengan kehendak Kristus Yesus, sehingga dengan satu hati dan satu suara kamu memuliakan Allah dan Bapa Tuhan kita, Yesus Kristus. Sebab itu terimalah satu akan yang lain, sama seperti Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah. Yang aku maksudkan ialah, bahwa oleh karena kebenaran Allah Kristus telah menjadi pelayan orang-orang bersunat untuk mengokohkan janji yang telah diberikan-Nya kepada nenek moyang kita, dan untuk memungkinkan bangsa-bangsa, supaya mereka memuliakan Allah karena rahmat-Nya, seperti ada tertulis: “Sebab itu aku akan memuliakan Engkau di antara bangsa-bangsa dan menyanyikan mazmur bagi nama-Mu.”

Renungan

Renungan harap disampaikan secara singkat (paling lama 3 menit) . Pokokpokok renungan berikut silahkan dikembangkan oleh tim pendamping:

  • Kita diminta untuk menerima satu dengan yang lain “Sebab itu terimalah satu akan yang lain, sama seperti Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah”. Supaya iman kita berkembang, kita diajak untuk berani terlibat. Dengan terlibat kita kan berjumpa dengan banyak teman, untuk itulah kita perlu membangun sikap mau menerima satu dengan yang lain.
  • Keterlibatan yang kita jalankan bukan demi kepentingan diri kita melainkan agar nama Tuhan dimulikan dimana-mana: “Sebab itu aku akan memuliakan Engkau di antara bangsabangsa dan menyanyikan mazmur bagi nama-Mu.”

Doa Umat

Tim Pendamping memimpin doa umat.

P : Ya Tuhan, kami bersyukur atas segala kebaikan yang Engkau anugerahkan bagi kami. Pada pertemuan masa adven yang kedua ini, kami diingatkan untuk berani terlibat dalam berbagi kegiatan. Ajarilah dan dampingilah kami, anak-anak-Mu supaya dapat terlibat dan mengembangkan iman, kami mohon:

U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

P : Kami berdoa untuk semua orang yang terlibat dalam mengembangkan iman kami, terutama para pendamping iman kami, berikanlah mereka kesehatan, keselamatan, dan juga kebahagiaan, kami mohon:

U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

P : Ya Tuhan, berkatilah pula teman-teman kamai yang pada saat ini tidak dapat berkumpul bersama kami di sini. Semoga masa adven menggungah semangat teman-teman kami untuk terlibat baik di rumah, di sekolah, di Gereja maupun di masyarakat sehingga semakin pantas menyambut perayaan Natal yang akan datang, kami mohon:

U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

Hening sejenak menghaturkan doa-doa pribadi

Doa Bapa Kami
(bersama-sama)

PERUTUSAN DAN PENUTUP

Pengumuman
Tim Pendamping menyampaikan pengumuman-pengumuman sejauh dibutuhkan.

Perutusan: Mengembangkan Keterlibatan
Tim Pendamping membantu anak-anak untuk menentukan bentuk keterlibatan yang akan dijalankan. Boleh hanya memilih di rumah saja, atau disekolah saja, atau di Gereja, saja, atau di Masyarakat saja, atau mau memilih menjalankan di keempat tempat. Tidak perlu banyak-banyak. Satu tindakan yang dijalankan lebih baik daripada banyak rencana tetapi tidak dijalankan.

Sepanjang Minggu Adven ke – II apa yang akan kamu jalankan sebagai bentuk pengembangan keterlibatan:

  • Di rumah: …………………..
  • Di sekolah: …………………
  • Di Gereja : ………………….
  • Di Masyarakat: ……………..

Doa Penutup
Salah seorang Tim Pendamping memimpin doa penutup. Diawali dan diakhiri dengan Tanda Salib (dapat dinyanyikan). Diusahakan agar doa dapat ditirukan/ diikuti oleh semua peserta.

Lagu Penutup : Yok Terlibat

Yok terlibat, ayo kawan terlibat
Mau hebat ayo terlibat
Di rumah, disekolah, di Greja, Masyarakat
Berani, terlibat, iman pun kuat.

 

Download Panduan Adven 2019

Leave a Reply