“Orang Katolik Yang Transformatif”, Sosialisasi Panduan Adven 2019

Setiap Masa Adven, kita diajak secara khusus mempersiapkan diri menyambut kedatangan Tuhan di tengah-tengah hidup manusia.  Perayaan Kehadiran Sang Juru Selamat ini, tentu saja dirayakan sesuai dengan konteks dan peristiwa konkret hidup kita.  Sudah sekitar 10 tahun atau satu dekade ini, kita menyambutnya Adven sebagai penutup dan pembuka sebuah moment liturgi sekaligus konteks fokus pastoral di KAS.  Maka dirumuskan Tema Adven yang diangkat tahun 2019 ini adalah ORANG KATOLIK YANG TRANSFORMATIF.

Untuk mempersiapkan Masa Adven, maka diselengarakan pertemuan sosialisasi panduan Adven 2019 bagi para pemandu lingkungan.  Pertemuan di selenggarakan di aula gereja Santo Yusuf Bintaran, di pandu oleh bapak CB Ismulyadi dan romo Agustinus Tejo Kusumantono, Pr, Rabu (13/11/2019).

Pemilihan tema Orang Katolik yang Transformatif di latar belakangi bahwa Keuskupan Agung Semarang pada tahun 2020 menyambut moment penting Perrayaan 80 tahun Keuskupan Agung Semarang (KAS),  Refleksi  Rencana Induk (RIKAS) dalam Roadmap I (2016 – 2020), menyambut Konggres Ekaristi Keuskupan (KEK) IV KAS dan Konteks Gereja Universal sebagai Tahun Misi.  Hal itu juga bertepatan pada tanggal 30 November 2019 akan dirayakan peringatan 100 tahun diterbitkannya Surat Apostolik Maximum Illud.

Untuk itu, umat diajak untuk menghubungkan masa Adven dengan konteks Arah Dasar dan Fokus Pastoral KAS, yaitu menjadi Gereja yang transformatif (Berdaya Ubah).

Dalam Masa Adven 2019, Komisi Kateketik Keuskupan Agung Semarang mengajak umat Katolik untuk mempersiapkan Adventus (masa penantian) melalui bacaan Masa Adven dengan berefleksi dan bersarasehan bersama dalam konteks fokus pastoral melalui empat (4) pertemuan, yaitu :

  1. Pertemuan pertama : BANGUNLAH DARI TIDURMU!. Pertemuan Adven pertama ini mengajak umat untuk mengapresiasi (mencari dan mengevaluasi) sejamuh mana segi daya ubah (transformatif) iman dari dalam diri menuju perubahan di tengah masyarakat sekitarnya.
  2. Pertemuan kedua: SATU HATI DAN SATU SUARA MEMULIAKAN ALLAH.   Adven kedua mengajak umat melihat bersama sejauh mana tansformasi hidup beriman sudah terjadi dan telah digiatkan dalam hidup menggereja di tengah lingkungan dan komunitas.
  3. Pertemuan ketiga: BERSABARLAH DAN TEGUHKANLAH HATIMU.  Adven ketigamengajak umat untuk teguh dalam hidup berkomunitas atau paguyuban, semakin bergiat dan bersemangat membuat gerakan-gerakan transformatif, walapun tantangan semakin berat dan besar.
  4. Pertemuan keempat: KAMU TELAH DIPANGGIL MENJADI MILIK KRISTUS.  Adven keempat mengajak umat menjadi gereja yang semakin mempunyai daya ubah baik kealam maupun keluar di tengah masyarakat

Galeri foto kik disini

Agustinus Suseno 

5 thoughts on ““Orang Katolik Yang Transformatif”, Sosialisasi Panduan Adven 2019

      1. Terima kasih..banyak membantu..karena ditempat kami hanya pemandu yg pegang buku panduan..dgn adanya softfile kami bisa cepat buat teks untuk umat untuk doa pambuka /penutup,bacaan injil,materi tanya jawab..baca bersama-sama..umat lebih terlibat dan senang daripada hanya oleh pemandu..membuat sarasehan semakin hidup…Berkah Dzlem

Leave a Reply