Bulan Katekese Liturgi 2020 Hari Ke-10

Ekaristi: Sumber Hidup Orang Kristiani dan Misi

Bila pada bulan September kita mengadakan Bulan Kitab Suci Nasional, umat Katolik di Budapes Hongaria menjadi tuan rumah perhelatan besar dan agung, yaitu Kongres Ekaristi Internasional (KEI) yang ke-52. KEI itu diselenggarakan tanggal 13-20 September 2020. Akan datang utusan dari seluruh dunia, dan dapat kita bayangkan negara Budapes akan sibuk, bukan hanya umat Katoliknya, tetapi juga umat lainnya, karena tentu segala macam hal khususnya akomodasi amat diperlukan.  Utusan dai luar negeri pasti juga ingin berwisata dan ber-kuliner-an di sana.

Adapun Tema KEI 2020 adalah: “Segala mata airku ada di dalammu (Mzm. 87:7), Ekaristi: Sumber hidup orang Kristiani dan Tema ini terkait dengan harapan Paus Fransiskus agar orang-orang Kristiani bisa menjadi saksi Injil di tengah tantangan arus dunia yang diwarnai oleh modernisasi dan sekularisasi. Kekuatan untuk bersaksi dan menjalankan perutusan misi tersebut adalah Elcaristi. Menurut Rama Kornel Fabry, Sekretaris Jenderal Kongres Ekaristi Internasional, tema KEI 2020 telah didalami melalui tiga fokus permenungan, yakni “Ekaristi: Sumber hidup orang kristiani” (tahun 2017), “Ekaristi memperkuat kehidupan berkomunitas” (2018), dan “Ekaristi dan Misi” (tahun 2019).

Selama KEI 2020 nanti, para peserta kongres diajak merenungkan perutusan murid Yesus yaitu membagikan Kabar Baik kepada semua orang. Acara satu minggu di Budapes dimaksudkan agar umat Katolik mengalami pembaruan spirituaL Perayaan Ekaristi dan Adorasi menjadi kekuatan untuk memperkokoh relasi personal dengan Yesus dan komunitas. Buah dari Perayaan Ekaristi dan Adorasi adalah karya pelayanan dan kesaksian yang hidup. Yesus menyebut kita sebagai ragi, garam, dan terang dunia. Jangan sampai hidup kita sebagai orang Katolik seperti ragi yang kehilangan daya ubah, cahaya yang meredup, dan garam yang tawar. Marilah kita jalankan pesan indah Santa Teresa dari Kalkuta, “Luangkanlah waktumu sesering mungkin di depan Sakramen Mahakudus dan Dia akan memenuhimu dengan kekuatan dan kuasa-Nya”.

Leave a Reply