150 Tahun Misionaris OSF Menyapa Bumi Pertiwi.

“DIA YANG BAIK TELAH MEMBERI MAKA DENGAN TULUS KAMI BERBAGI”
DEUS PROVIDEBIT

Setiap orang memiliki alasan spiritual untuk bersyukur atas segala kebaikan dan keagungan Tuhan yang diterima dalam perjalanan hidup ini.  Bertemakan DIA YANG BAIK TELAH MEMBERI, MAKA DENGAN TULUS KAMI BERBAGI, adalah ungkapan syukur dari ketulusan hati, oleh karena kelimpahan berkat dan penyelenggaraan Tuhan, kami telah terima dan menghidupi dari generasi ke generasi, dan kamipun siap untuk selalu berbagi berkat.  

Tepatnya di Gedangan jalan Ronggowarsito no.8 Rumah Studi Misi OSF Semarang Kota lama, Hari Rabu Tanggal 5 Februari 2020, menjadi hari yang penuh syukur dalam lembaran sejarah konggregasi OSF Semarang untuk mengenang kembali 150 tahun yang lalu para Misionaris hadir menyapa Nusantara dalam peziarahan panggilan hidup dan perutusan dalam karya  pelayanan.

Bagaikan Pohon kehidupan yang terus bertumbuh, menyebarkan ranting-ranting pelayanan ke seluruh pelosok tanah air, Konggregasi OSF menjadi saksi kehadiran kuasa Allah yang menembusi ruang dan waktu, menaburkan cinta kasih, melintasi batasan kehidupan semua makhluk. Deus Providebit menjadi kunci kekuatan spiritual yang kokoh dan kuat dalam berkembangnya Karya Pelayanan ke seluruh belahan Nusantara. 150 tahun yang lalu hadirlah ke-11 suster misonaris di Kota Semarang. Gedangan menjadi gerbang sejarah, dan lembaran kehidupan iman yang mengukir sejuta kenangan tentang Karya Agung Tuhan bagi tanah misi. Gedangan menjadi fondasi yang kuat untuk pijakan setiap pribadi, yang menyerahkan diri untuk melayani Tuhan.  Bagaikan mata air yang mengalir menuju ke tempat yang rendah, dari Gedangan mengalirkan daya inspirasi iman akan penyelenggaraan Tuhan yang bermuara ke seluruh lapisan tanah air untuk menumbuhkan  dan menyuburkan Pelayanan kasih.

Dengan sukacita dan semangat persaudaraan Santo Fransiskus Asisi dan doa Restu Ibu Magdalena Daeman,  kaum Muda OSF mengemas beberapa rangkaian acara, yang diawali dengan  Vigily, ofisi  dan renungan perjalanan sejarah panggilan para suster dari tobat dan cinta kasih Krstiani, bersama seluruh anggota OSF seprovinsi.

Talkshow shearing 4 nara sumber sebagai perwakilan 4 karya besar dan keuskupan agung Semarang dalam pengabdian bersama OSF, yang semakin menggerakan kami untuk merefleksi, siapakah OSF yang sejati dan sejauh mana perjalanan OSF dalam menjawab kebutuhan jaman, hingga di abad milenial ini. Puncak rasa syukur dalam Ekaristi Kudus dengan mengajak kawulah muda untuk semakin memaknai OSF lewat daya cipta berupa  lagu dan lukisan Ibu pendiri Ibu Magdalena dengan semboyan Deus Providebit, dan mengajak semua umat untuk open house, melihat, membaca dan merenungkan sejarah perjalanan OSF.

Ungkapan kegembiraan juga mengajak para sisa siwi SD dan SMP Marsudirini sekota semarang dan DIY untuk melukis dan mengambar Ibu Magdalena dan kreativitas penggunaan plastik bekas sebagai wujud kepekaan, tanggapa  akan JPIC. Ungkapan syujkur dalam semangat  persaudaraan terus menyebar dan sampai pada jalan sehat bersama segenap karyawan dari berbagai bidang se-kota semarang dan  ditutup  dengan mencermati kehebatan anak- anak  jaman, SMU, SMK dan perguruan tinggi milik para suster OSF yang kreatif dan inovativ menampilkan hak cipta dalam beranimasi menceritakan sejarah perjalanan OSF, dengan harapan menjadi sebuah media pewartaan akan siapakah, apakah, dan kemana arah paa suster OSF dalam mewartakan kasih Allah. Momen penuh rahmat ini, seraya mengiringi Keluarga Besar OSF Tritunggal Mahakudus Indonesia, menuju puncak rasa syukur atas penyelenggaraan Ilahi dalam kuasa Kasih-Nya yang  terangkai dengan indah, dalam seluruh  karya-karya keselamatan yang nyata ditanah air tercinta.

Beberapa Kegiatan yang mewarnai rasa syukur kami dalam Persaudaraan
1.Selasa, 4 Februari 2020:
a.Vigily dan kilas balik Renungan perjalanan sejarah 11 Suster OSF Misionaris pertama dari Belanda ke Indonesia
b.Talkshow dari 4 Narasumber (3 awam dan Romo Antonius Budi Wihandono, Vikep Keuskupan Agung Semarang) mereka mewakili 4 bidan karya yang berkarya di Keuskupan Agung Semarang sebagai saksi sejarah dalam berkarya bersama para suster OSF

2.Rabu, 5 Februari 2020:
a.Misa syukur para suster seluruh Indonesia bersama orang Muda khatolik seluruh Jateng dan DIY
b.Open house Rumah Studi Misi OSF (Museum OSF)
c.Lomba mencipta lagu spiritual Ibu Magdalena dan melukis Gambar Ibu Magdalena oleh para siswa-siswi SMU dan Perguruan Tinggi Para suster OSF

3.Kamis, 6 Februari 2020:
a.Lomba mengambar dan mewarnai Ibu Magdalena (Tingkat SD milik para suster Se-kota Semarang)
b.Lomba Kreatif daur Ulang bahan bekas dalam rangka meningkatkan kreativitas atau peduli JPIC, Tingkat SMP sekolah Marsudirini OSF se-Kota Seamarang.

4.Jumat, 7 Februari 2020:
a.Jalan sehat seluruh pegawai dari 4 bidan Karya se-kota Semarang
b.Lomba Animasi perjalanan sejarah osf diindonesia di tingkat SMU,SMK dan perguruan tinggi milik OSF

Leave a Reply