Komsos Kevikepan DIY “Latihan Mabur Jilid 2”

Setelah sebelumnya mengadakan pertemuan dan pelatihan “Latihan Mabur” di bulan Juli 2019, dan atas kesepakatan peserta dan pelatih maka pelatihan menjadi pilot Drone dilanjutkan di bulan September 2019.

Baca juga : Komsos Kevikepan DIY “Latihan Mabur”

Masih dengan tema “Latihan Mabur jilid 2”, yaitu mengasah ketrampilan yang telah didapat di latihan mabur jilid 1, pelatihan pilot drone yang kedua di laksanakan di paroki Santo Alfonsus Nandan, pada Minggu siang (15/09/2019), bertempat di Joglo Antonio.

Ternyata di Latihan Mabur jilid 2 ini sangat diminati oleh anggota dan penggiat Komsos di kevikepan DIY, terbukti yang hadir 50 orang, diantaranya adalah rohaniawan, yaitu suster Luiza PI, suster Pasifica dan bruder Albert FIC.

Ketua bidang Pewartaan Paroki Nandan, bapak Sigit dalam pengantar mengatakan bahwa anak muda di Paroki Nandan jumlahnya banyak, namun sedikit yang terlibat.  Dengan adanya pelatihan dan pertemuan Komsos di Paroki Nandan, diharapkan akan banyak anak muda yang terlibat, karena dewasa ini harus bisa merespon perkembangan IT yang dapat di manfaatkan dalam pewartaan.

Dan yang paling istimewa adalah hadirnya 4 pelatih pilot drone, mereka adalah Adrian dari Paroki Minomartani, Wawan, Tatang dan Deddy, ketiganya dari Paroki Nanggulan, mereka juga anggota Komsos Kevikepan DIY.

Suster Luisa PI mencoba menerbangkan drone

Pada pelatihan kali ini lebih banyak pada prakteknya, diawali dengan pemberian teori singkat pengenalan, peraturan penerbangan drone, dan simulasi drone yang dibawakan oleh Adrian.  Kemudian peserta dibagi menjadi empat kelompok dengan satu pemandu, di setiap kelompok pemandu mengajarkan simulasi kepada peserta.

Sesi berikutnya peserta dan pelatih menuju ke lapangan sepakbola CSsR yang berada di sisi utara gereja Paroki Nandan.  Setiap peserta di persilahkan untuk mencoba mengoprasikan dan mengendalikan drone, tidak ketinggalan suster dan bruder ikut mencoba menjadi pilot drone.

Tanpa terasa waktu 1,5 jam berlalu, semua peserta telah merasakan menjadi pilot drone, acara dilanjutkan dengan evaluasi di Joglo Antonio.

Di sesi evaluasi ini, suster Luisa PI selaku Prompang Muperkas memberikan pengumuman, bahwa Prompang Kevikepan DIY akan menyelenggarakan Live in Panggilan bagi rekan-rekan OMK, terutama yang masih duduk di bangku SMA/SMK selama dua hari, 11-13 Oktober 2019.

Dari hasil pelatihan ini para anggota dan pemerhati Komsos Kevikepan DIY semakin bersemangat dalam melayani dan mewartakan melalui karya-karya mereka sebagai Komsos paroki.  Sampai bertemu kembali di bulan November, dalam pelatihan video editing.

Galeri foto klik disini

Link IG kegiatan latihan mabur
https://www.instagram.com/p/B2bWyv8Ayxg/?igshid=1rzucjqxz0zd1
https://www.instagram.com/p/B2bUCiXAC_K/?igshid=3mcmafnamwmf
https://www.instagram.com/p/B2bTv8TAPLx/?igshid=1ixwp87flffg5

Agustinus Suseno

Leave a Reply